Muse dan Warner Music dituntut soal hak cipta


Muse dilaporkan dituntut karena mencuri ide sci-fi rock opera. Adalah Charles Bolfrass yang mengisi tuntutan tersebut, mengatakan bahwa Muse mencuri ide "cinematic science-fiction rock opera" miliknya, yang berjudul Exogenesis, dan ia meminta kompensasi sebesar 3.5 juta dollar.

Bolfrass mengklaim bahwa ia dihubungi pihak Muse pada tahun 2005 untuk ide sci-fi opera tentang bepergian di ruang waktu setelah kehancuran planet bumi, ide yang ditolak oleh pihak Muse. Bagaimanapun juga, pada tahun 2009 Muse menelurkan album "The Resistance", yang berakhir dengan konsep yang terdiri dari 3 bagian, yaitu "Exogenesis Parts I", "II" dan "III". Bolfrass juga meyakini Muse juga mencuri konsep untuk cover albumnya dari storyboards yang ia ciptakan. Ia menuntut Warner Music untuk pelanggaran hak cipta, praktik perdagangan yang tidak adil dan juga kompetisi yang tidak fair.

Sementara itu, Muse saat ini tengah bersiap untuk merilis album baru mereka, "The 2nd Law" yang dijadwalkan pada 1 Oktober. Muse juga akan melakoni tur singkat di Inggris pada bulan yang sama album barunya dirilis. Berbicara kepada Q magazine pada bulan lalu, vokalis Muse Matt Bellamy meengungkapkan :

"Kami tidak perduli apabila masyarakat tidak menyukai semua lagu kami. Kami tidak takut akan ke-eksentrikan kami, kami tidak takut untuk menjadi Monty Python rock. Akan tetapi ini seperti opera. Jika kamu hanya memperhatikan sebagian cerita dari suatu opera tidak akan ada maknanya, karena itu kamu harus memperhatikan keseluruhan cerita opera tersebut.

0 komentar: